Slide-32 Slide-41 Slide-51 Slide-61 slide_capres slide_dpd
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI RELAWAN DEMOKRASI DIUNDUR MENJADI TANGGAL 16 JANUARI 2019

PURBALINGGA --- Sebanyak 550 kotak suara dan 1.922 bilik suara telah diterimakan oleh KPU Kabupaten Purbalingga pada Rabu (14/11) di gudang penyimpanan yang telah disiapkan pallet kayu dan plastik di daerah Kalimanah ini.

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan yang turut mengawasi proses penurunan dan penataan kotak suara dan bilik suara tersebut mengatakan bahwa kotak suara dan bilik suara ini merupakan penerimaan tahap pertama dalam logistik Pemilu 2019 yang pengadaannya oleh KPU RI.

“KPU Kabupaten Purbalingga nantinya akan menerima 14.490 kotak suara yang akan dikirim dalam 4 (empat) tahap pengiriman yang selesai bulan November ini,” kata Eko yang juga merupakan komisioner divisi keuangan, umum dan logistik ini.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa bilik suara yang dikirim merupakan bilik tambahan untuk melengkapi bilik suara yang ada. Hal ini disebabkan karena jumlah bilik suara yang ada tidak memenuhi untuk kebutuhan pada Pemilu 2019 mendatang dengan jumlah TPS yang sangat besar dari TPS Pilgub 2018 yaitu sebanyak 2.898 TPS.

Pada Pemilu 2019, kotak suara akan diganti seluruhnya dengan kotak suara yang terbuat dari kardus. Eko juga menegaskan bahwa walaupun terbuat dari kardus, akan tetapi kotak suara tersebut cukup kuat. Hal ini terbukti ketika salah satu staf mencoba kekuatan kotak kardus dengan mendudukinya, namun kotak suara tersebut masih dalam kondisi utuh dan mampu menahan beban.

Selain kotak suara dan bilik suara, KPU Kabupaten Purbalingga masih akan menerima logistik  Pemilu 2019 yang berasal dari pengadaan KPU RI berupa surat suara, hologram, tinta dan segel. Sementara pengadaan dari KPU tingkat kabupaten/kota tahun anggaran 2018 yaitu alat kelengkapan TPS berupa alat coblos, ID card, stiker dan kabel ties diperkirakan akan datang pada bulan Desember mendatang.