Slide-32 Slide-41 Slide-51 Slide-61 slide_capres slide_dpd
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI RELAWAN DEMOKRASI DIUNDUR MENJADI TANGGAL 16 JANUARI 2019

Purbalingga --- Setelah dilaksanakannya Pleno Penyempurnaan DPTHP-2 oleh KPU Kabupaten Purbalingga pada Rabu (12/12), KPU Kabupaten Purbalingga kembali mengundang Anggota PPK Divisi Mutarlih Se-Kabupaten Purbalingga dalam Rekapitulasi Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang dituangkan dalam form model A4 dan form model A5 yang merupakan form pindah memilih yang bertempat di aula KPU Kabupaten Purbalingga pada Rabu (26/12) siang.

Dalam bimtek tersebut, Anggota Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Catur Sigit Prastyo menyampaikan bahwa tahapan rekap DPK dan DPTb ini merupakan lanjutan dari DPTHP-2 yang pada Rabu (12/12) lalu sudah diplenokan. Bimtek rekap DPK, DPTb dan form model A5 ini nantinya akan diturunkan di tingkat PPS, dimana PPS yang akan menyusun DPK, DPTb maupun form model A5 dengan formulir yang akan diturunkan dari KPU Provinsi hari ini juga.

Lebih lanjut Catur menjelaskan bahwa DPK merupakan data pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT dan DPTb, tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih yang diatur dalam PKPU nomor 11 tahun 2018. Sedangkan DPTb terdiri atas data pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS yang karena keadaan tertentu pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan emberikan suara di TPS lain.

“Terkait dengan beberapa rekap yang harus disusun oleh PPS, terutama PPS harus paham betul tentang ketentuan pemberian form model A5, karena hal ini berhubungan dengan daerah pemilihan calon pemilih”, terang Catur. Untuk rekapitulasi nantinya akan selalu dilakukan karena data pemilih dipastikan selalu dinamis, data pemilih bisa keluar ataupun masuk.

Dalam bimtek tersebut, PPK diberikan contoh kasus pengisian model A.4-kpu keluar dan A.4-kpu masuk. Kemudian form tersebut disandingkan dengan model A.5, yang merupakan rekap dari A.4 untuk diturunkan di PPS dan diisi oleh PPS. Semua formulir di PPS kemudian dilaporkan ke PPK untuk dilaporkan ke KPU Kabupaten Purbalingga.